Trophy Dan Penghargaan Sepak Bola

Piala atau trophy adalah benda yang diberi pada seorang karena satu perolehan tertentu. Piala kerap diberi pada even olahraga. Piala bisa berupa mangkok, cangkir, cawan, wujud manusia (seperti Emmy Award), dan lain-lain. Di periode lalu, orang bisa ambil kepala atau anggota badan lain dari lawan yang sudah terbunuh dalam sebuah perang untuk memperlihatkan berapa pahlawankah mereka. Di zaman modern ini piala di buat dengan bahan yang langka dan memiliki harga tinggi di pasaran dan juga mempunyai gengsi di dunia  olah fisik seperti sepak bola. Berikut beberapa Piala Dan Penghargaan Di Sepak Bola.

FIFA World Cup

Keutamaan World Cup (piala dunia) disokong oleh bukti jika piala dunia ini cuman terjadi sekali dalam 4 tahun. Oleh karenanya, tiap team sepak bola akan usaha keras untuk makin dekat sama final dan memperoleh kemenangan. Opsi untuk World Cup (piala dunia) benar-benar sangat susah, hingga kemenangan ini patut untuk dipandang. Persaingan piala dunia ini cuman meliputi team terbaik. Team itu harus mempunyai kwalifikasi ke sisi akhir sebagai dari hasil tiap tahapan kwalifikasi yang susah. Akhir kali, World Cup (piala dunia) diselenggarakan di Rusia di tahun 2018 dan team Perancis sebagai juara dunianya.

Untuk yang belum ketahuinya, piala FIFA World Cup dibuat dari emas 18 karat. Piala ini mempunyai ikatan batu bernilai lainnya seperti perunggu. Berdasar riset, piala ini diprediksi sudah habiskan ongkos sebesar US$20 juta atau sekitaran Rp282,491 miliar. Selainnya piala yang fenomenal, team yang memenangi piala dunia yakni Team pemain sepak bola dari Perancis bawa pulang US$38 juta atau sekitaran Rp532,732 miliar sesudah sukses menaklukkan Kroasia di final. Tetapi, meskipun team Kroasia kalah, kenyataannya mereka memperoleh ganti rugi uang yang besar sekali karena telah capai tahapan paling akhir. Jumlahnya uang yang diusung oleh team dari Kroasia ialah sebesar US$28 juta atau sekitaran Rp395,487 miliar.

Football Association Challenge

Piala Football Association Challenge sebagai piala yang dikasih ke team-team Inggris yang berkompetisi di negara mereka. Tiap tahunnya, team-team Inggris terbaik akan sama-sama berkompetisi untuk terima Piala FA ini. Pemegang piala sekarang ini ialah Chelsea FC yang telah sukses menaklukkan Manchester United di persaingan final di tahun 2018. Team yang tersering terima piala ini ialah Arsenal. Arsenal sudah sukses memenangi Piala FA sekitar 13 kali.

Team yang menang akan terima piala sebagai piala bergilir . Maka, team itu harus menggenggam pialanya saat sebelum memberinya ke juara selanjutnya. Piala versus tahun 2014 yang terkini dibuat dari perak 925 dengan berat 14 pon. Juara akan terima medali sebagai tambahan untuk piala. Berdasar website thefa.com, mereka mengatakan jika juara musim 2018-2019 akan memperoleh hadiah uang sejumlah £3.600.000 atau sekitaran Rp64,552 miliar. Dan untuk runner-up akan menghasilkan uang sebesar 2x semakin sedikit dari juara khusus yakni sebesar £1.800.000 atau sekitaran Rp32,276 miliar.

FA Community Shield

Piala FA Community Shield sebagai piala untuk laga style Piala Super yang direncanakan tiap tahun di antara juara Liga Premier tahun ini dan pemegang Piala FA sekarang ini. Laga ini berjalan di stadion Wembley yang populer. Bila Liga Premier dan Piala FA mempunyai juara yang serupa karena itu mereka harus bermain menantang runner-up dari Liga Premier. Persaingan ini dikuasai oleh team Manchester (juara sekarang ini ialah Manchester City), dan club dalam jumlah kemenangan paling besar ialah Manchester United.

Umumnya ini dipandang seperti piala kecil dan tidak begitu penting untuk tim-tim Inggris seperti Liga Premier dan Piala FA. Berdasar thefa.com, juara 2018 lalu yakni Manchester City FC dan runner-up yakni Chelsea FC bawa pulang uang sejumlah £25.000 atau sekitaran Rp447, 255 juta. Tetapi, piala ini disebutkan Charity Shield di periode lalu saat sebelum ditukar namanya, ialah aktivitas amal. Ini memiliki arti jika sebagian besar penghasilan akan dikasih ke beragam organisasi amal.

UEFA Champions League

Piala ini dikasih ke team sesudah kemenangan di persaingan sepakbola Eropa yang paling berprestise yakni Liga Champions UEFA. Piala ini dahulunya dikatakan sebagai Piala Eropa saat sebelum memperoleh nama sah yakni UEFA Champions League. Piala yang asli saat ini dipunyai oleh club Real Madrid karena mempunyai kemenangan paling banyak di kompetisi. Mereka terima kehormatan ini di tahun 1967.

Tetapi, Real Madrid masih menggenggam rekor untuk kemenangan paling banyak dengan 13 kemenangan Liga Champions dan mereka sebagai juara dari persaingan pada tahun 2018. Saat ini tim-tim dibolehkan untuk menjaga piala saat mereka telah memenangi 5 gelar Champions Eropa atau telah sukses memenangi gelar sekitar 3x beruntun. Kemudian, karena itu hitungannya akan balik ke 0. Tetapi, bila kemenangan club bukan yang ke-5 atau ke-3 beruntun karena itu mereka dibolehkan untuk menggenggam piala riil di museum mereka sepanjang 10 bulan sesudah kemenangan.

Selanjutnya, mereka akan terima versus piala yang direplikasi. Tetapi, sejak tahun 2009, ketentuannya telah berbeda hingga UEFA saat ini menjaga pialanya setiap waktu, tapi tiap club yang menang akan terima tiruan dengan ukir-pahatan nama club nya. Piala Eropa ini kerap disebutkan dengan istilah “Cangkir dengan Telinga Besar”. Piala ini dibuat dari perak dengan berat 7,5 kg . Maka, kapten team yang menang harus kuat untuk mengusung piala ini di atas kepalanya. Di saat pembuatannya harga piala ini ialah sebesar F10.000 atau sekitaran Rp144,640 juta. Tetapi, sekarang ini harga tidak dikenali tetapi bisa diibaratkan jika itu dibuat dari perak karena itu harga lumayan mahal.

Copa America

Copa America sebagai salah satunya persaingan yang paling tua di dunia. Umumnya peserta Copa America ialah beberapa negara Amerika Selatan. Tetapi, dimulai dari tahun 1990-an, kompetisi ini terima timnas dari Amerika Utara dan Asia. Piala Copa America ini sebelumnya dibeli dari salah satunya toko perhiasan di Buenos Aires di tahun 1916 pada harga F3.000 atau sekitaran Rp43,230 juta. Edisi terkini dari piala ini dikenalkan di tahun 2016 untuk peringatan 100 tahun kompetisi dan disebutkan dengan “Copa America Centenario” yang meliputi emas 24 karat dengan berat 7,1kg.

La Liga Cup

Liga hebat Spanyol yang disebutkan La Liga ini berisikan sepak bola dunia seperti Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid, dan team yang lain. Kompetisi untuk memenangi piala La Liga ini besar sekali. Di tahun 2016, piala La Liga versus baru dikenalkan ke khalayak. Juara dari La Liga akan memperoleh beberapa uang. Sama dalam tahun 2018, Barcelona memperoleh €150.000.000 atau sekitaran Rp2,413 triliun.

Coppa Campioni D’Italia

Piala dibuat dari emas ini dikasih ke team yang memenangi kejuaraan Italia paling besar, Seri A. Piala ini pertama kalinya dibangun di tahun 1960. Tingginya 45 cm, dan beratnya sama dengan 5 kg.  Harga piala ini diprediksi sebesar €60.000 atau sekitaran Rp965,225 juta. Di piala berbasiskan ini ada semua nama team yang menang semenjak musim 1960/1961 yang terukir di atasnya untuk ingat prestasi mereka.

Deutsche Meisterschale

Penghargaan sepakbola Jerman paling berprestise ini diberi tiap tahun ke team juara Bundesliga, liga professional Jerman. Meisterschale, yang kerap disebutkan “Mangkok Salad” karena memiliki bentuk, sudah berevolusi dari piala awalnya yakni “Viktoria”, yang sudah lenyap sepanjang Perang Dunia II. Piala ini mempunyai nama semua juara kejuaraan yang terukir di atasnya. Umumnya, team yang menang mempunyai piala tiruan yang lebih kecil dari piala ini.

Penghargaan untuk Pribadi

Bukan hanya untuk team, ada penghargaan untuk pribadi. Berikut sejumlah penghargaan untuk pribadi paling mahal di dunia:

  • Ballon d’Or

Penghargaan ini diberi tiap tahun oleh France Football. Ballon d’Or sebagai bola emas yang dikasih ke pemain untuk perolehan khusus. Harga tentu untuk bola ini tidak dikenali tetapi ada laporan jika Cristiano Ronaldo jual bolanya pada harga £600.000 atau sekitaran Rp10,758 miliar untuk didonasikan ke organisasi amal “Make a Wish”.

  • European Golden Boot

Sama dengan namanya yakni European Golden Boot, sepatu ini dibuat dari emas. Penghargaan ini dikasih ke pemain yang cetak gol paling banyak pada musim liga hebat belakangan ini. Penghargaan ini diberi oleh European Sports Media ke beberapa pemain. Juara penghargaan Golden Boot sekarang ini ialah Lionel Messi dengan pembuatan gol sekitar 34 gol pada musim terkini dengan teamnya yakni Barcelona FC.

  • Premier League Golden Glove

Piala ini sebagai penghargaan yang diberi khusus untuk keeper (kiper). Juara terkini dari piala ini untuk tahun 2018 ialah David de Gea sebagai keeper Manchester United.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *