Tipe Permainan Dan Perkembangan Softball Nusantara

Perkembangan Di Indonesia

Saat sebelum perang kemerdekaan softball telah ada yang mainkan di Indonesia, tetapi karakternya masih Pada awalnya ada asumsi jika permainan olah fisik softball cuman patut dimainkan oleh Kejuaraan Nasional I diadakan tahun 1967 di Jakarta. Selain itu semenjak PON VII diPada tahun 1930, ada peralihan permainan dari indoor ke outdoor oleh H. Fischer dan M.J. Ponley. Di tahun 1968, permainan softball dikenalkan di Asia, saat dilaksanakan kejuaraan di Manila. Softball pertama kalinya ditandingkan di Indonesia pada PON VII di Surabaya tahun 1969.

Ketentuan permainan dibikin oleh Lewis Robert tahun 1906 dan di tahun 1916 diperbarui oleh Matthew. Arah permainan softball ialah cetak Pemukul harus berdiri dalam batter’s box, karena bila salah satunya kaki keluar batter’s box di saat pemukul bola dan terkena, baik fair ball permainan softball aktif dilaksanakan pada tahun 1967. Di tahun 1930, ada peralihan permainan dari indoor ke outdoor oleh H. Ficher dan M.J Ponley.Di tahun 1968, permainan softball dikenalkan di Asia, khususnya pada kejuaraan di Manila.

Softball pertamanya kali ditandingkan di Indonesia pada PON VII di Surabaya tahun 1969 Pada riwayat softball, olahraga ini sebagai peningkatan dari bisbol (baseball) atau hardball. Dalam serangkaian permainan softball, bola akan dilempar oleh pelempar bola (pitcher). Lantas, ada pemain sebagai target musuh dengan memukul (batter) tongkat (bat). Ada tiga type permainan softball, yakni Fast Pitch Softball, Modified Pitch Softball, dan Slow Pitch Softball.

Type Permainan Softball

Fast Pitch Softball

Sistem permainan ini ditetapkan oleh pitcher, yakni melemparkan bola dengan kecepatan maksimal atau sama dengan bisbol. Bedanya sendiri ada pada style lempar pitcher dan langkah pelepasan bola, yakni bola ditempatkan di bawah atau sama dari status glove.

Modified Pitch Softball

Sistem ini dipakai untuk melunakkan beberapa aturan yang digunakan dalam kelompok fast pitch, hingga beberapa pemain yang belum terlatih tidak kaget dengan ketentuan yang “ketat” di softball, seperti strike zona, jarak di antara base, lama waktunya permainan, dan sebagainya.

Slow Pitch Softball

Memberinya keringanan untuk batter untuk memukul bola. Batter dikasih bola terus-terusan oleh pitcher sampai dapat memukul bolanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *