Mengikuti Kelas Yoga Bagi Pemula Versi SehatQ

Hidup sehat merupakan sebuah keharusan. Tubuh yang sehat akan membuat segala aktivitas berjalan dengan lancar. Upaya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin olahraga. Ditengah pandemi seperti saat ini, orang-orang banyak memilih aktivitas olahraga yang tidak banyak bertemu orang.

Jika Anda juga memiliki pemikiran seperti itu, maka mengambil kelas yoga bisa menjadi pilihan. Yoga adalah olahraga badan dan pikiran yang menitikberatkan pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan. Olahraga ini memberikan ruang untuk relaksasi.

Mengikuti Kelas Yoga Bagi Pemula
Mengikuti Kelas Yoga Bagi Pemula

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Sama halnya dengan olahraga pada umumnya, yoga juga memberikan banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari olahraga yoga.

  1. Meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh.
  2. Mengurangi risiko penyakit kronis.
  3. Meningkatkan masa otot.
  4. Memperbaiki bentuk tubuh.
  5. Melatih keseimbangan.
  6. Menjaga berat badan tetap ideal dan menurunkan berat badan.

Tips Berlatih di Kelas Yoga Bagi Pemula

Saat ini sebenarnya sudah banyak video pelatihan yoga di Youtube, namun bagi pemula sangat disarankan untuk mengikuti kelas yoga. Hal tersebut karena olahraga yoga meski terlihat mudah namun sebenarnya cukup berisiko. Terlebih ketika ada gerakan-gerakan sulit yang membutuhkan pendampikan intensif. Bagi Anda yang hendak mencoba olahraga ini, berikut beberapa tips untuk mengikuti pelatihan yoga yang tepat.

Pilih instruktur profesional

Tips yang pertama yaitu carilah instruktur yoga yang profesional dan mendapatkan review yang positif. Guru yang profesional dan kompeten akan mengajarkan Anda dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dalam sebuah kelas biasanya tersedia beberapa palatih, Anda bisa memilih pelatih yang paling sesuai dengan Anda. Ketika menjalani latihan dengan orang yang tepat dan kita sukai, maka proses latihan menjadi lebih menyenangkan.

Pilih jenis yoga yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Jenis yoga sangat beragam. Biasanya ketika Anda hendak mendaftarkan diri di kelas yoga, maka Anda akan diberi beberapa pilihan kelas. Anda bisa bertanya terlebih dahulu terkait jenis kelas tersebut. Sesuaikan kelas yang hendak Anda pilih dengan kebutuhan. Namun ketika Anda baru pertama kali mencoba olahraga ini, sebaiknya pilih kelas yang paling mudah.

 Lakukan gerakan sesuai dengan kemampuan

Yoga merupakan olahraga yang cukup berat. Banyak gerakan-gerakan sulit yang mengharuskan kita berlatih secara rutin. Namun untuk Anda yang masih pemula, lakukan latihan sesuai dengan kemampuan. Anda juga bisa meminta bantuan pelatih untuk melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut.

Menikmati proses

Dalam olahraga penting untuk menikmati semua prosesnya. Saat belatih yoga di dalam sebuah kelas. Sebaiknya tidak membandingkan diri sendiri dengan peserta lain. Sebab kemampuan setiap orang berbeda. Jadi lebih baik menikmati semua proses agar olahraga tidak terasa berat.

Tidak memaksakan diri sendiri

Tips bergabung kelas yoga yang terakhir yaitu jangan memaksakan diri sendiri. Bagi pemula sebaiknya tidak melakukan gerakan yoga yang diluar kemampuan. Hal tersebut juga berlaku untuk waktu latihan. Jangan memaksakan diri untuk latihan berjam-jam. Lakukan semuanya secara natural. Ketika nantinya sudah terbiasa, maka tubuh akan dengan sendirinya mampu melakukan olahraga yoga yang lebih berat.

Itulah beberapa manfaat dan tips dalam mengikuti kelas yoga untuk pemula. Ternyata olahraga dengan mengikuti pelatihan akan memberikan banyak keuntungan. Kita bisa langsung dibimbing oleh tenaga profesional dan bisa berjumpa dengan peserta lain. Selain menyehatkan, mengikuti kelas juga akan menambah relasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *