Pengertian Dan Materi Softball Terlengkap Untuk Pemula

Teknik dasar adalah suatu hal yang penting dalam olahraga, salah satunya olahraga softball. Jika anda bermain softball tanpa Teknik dasar bisa jadi anda akan cedera dalam olahraga tersebut. Untuk mempelajari materi terkait permainan bola kecil ini sangat banyak.

Jika anda tertarik dengan olahraga softball ini, maka penting bagi anda mempelajari terlebih dahulu sebelum anda memulainya. Berikut dibawah ini adalah penjelasan materi softball yang sangat lengkap dari pengertian sampai peralatan dalam olahraga ini.

Pengertian Softball

Softball atau yang biasa disebut sofbol merupakan permainan yang terdiri atas dua tim dan terkenal dengan sebutan permainan beregu. Permainan olahraga softball ini memiliki pemain dengan jumlah 9 orang pertim . permainan olahraga softball ini adalah pengembangan dari permainan sejenis ialah baseball atau disebut dengan bisbal dan juga hardball.

Untuk memainkan olahraga softball cukup menggunakan bola kecil dan stik sebagai alat pukul. Oh iya, dalam permainan softball ada tim yang memiliki tugas sebagai penyerang sedangkan tim yang lainnya berperan sebagai regu yang bertahan. Regu yang dapat kembali lagi ke home plate itulah yang akan berhasil untuk mendapatkan poin.

Namun itu tidak mudah, untuk dapat kembali lagi ke home plate pemain harus bisa melewati tim lawan yang sedang menghadang. Permainan ini memicu jiwa kompetisi dan sangat seru untuk dimainkan. Sehingga tidak menjadi hal yang aneh jika banyak sekolah dan klub-klub mengada kompetisi olahraga softball ini

Tata Cara Permainan Softball

Masing masing olahraga pasti memiliki tata cara bermain yang berbeda beda. Dalam permainan softball ini tentunya memiliki tata caranya bermain yang berbeda denganĀ  permainan bola basket, bulu tangkis, dan jenis olahraga lainnya. Dalam permainan olahraga bola kecil yang menggunakan stik sebagai pemukul terdapat 9 tata cara permainan yang wajib kita pahami sebelum bermain permainan olahraga yang sangat seru ini. Mau tau dan penasaran bagaimana cara bermain olahraga softball dengan baik dan benar ? mari kita pelajari Bersama penjelasan dibawah ini.

Cara Memukul Softball

Dalam permainan olahraga ini aka ada pemain yang berperan sebagai pemukul bola. Seseorang yang mendapat tugas sebagai pemukul dalam permainan bola kecil ini harus berdiri di tempat berdiri khusus atau disebut juga dengan batter box. Selain harus berdiri di batter box. Seorang pemain tersebut harus melakukan gerakan untuk memukul bola berdasarkan dengan Teknik dasar permainan softball.

Softball mempunyai beberapa tata cara untuk memukul bola, apa saja ? mari kita simak Bersama.

  1. Regu yang mendapat tugas untuk memukul bola harus bergantian dengan para pemainnya. Masing masing pemain mendapat tiga kali percobaan untuk memukul bola, kesempatan itu bisa diperoleh Jika pemain melakukan Teknik dasar permainan olahraga softball dengan baik dan benar pada pukulan kesatu dan kedua. Dan kemudian setelah memukul pemain tersebut harus langsung berlalri.
  2. Pemain yan bertugas memukul bola dipilih berdasarkan nomor urut.
  3. Pada setiap base itu hanya boleh ditempati satu pemain saja.

Cara Untuk Mematikan Tim Lawan Dan Melakukan Pertukaran Tempat Atau Posisi

Salah satu tata cara bermain olahraga softball adalah mematikan tim lawan dan melakukan pertukaran posisi yang tepat, ini juga termasuk dalam Teknik dasar permainan softball. Dibawah ini terdapat em;at tata cara yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Yang pertama adalah membakar base. Yang dimaksud dengan membakar base ialah sebelum pemain berlari untuk sampai di base, tim penjaga base harus menangkap bola kemudian menginjak tempat atau base yang akan dilalui pelari.
  2. Cara yang kedua yaitu sebelum pelari sampai base, bola sebaiknya jangan dilepas oleh penjaga. Dan saat akan mematikan tim lawan, tim yang sedang lari tidak boleh melakukan hindaran baik dengan lari ke luar atau kebagian dalam melewati batas yang sudah ditentukan.
  3. Ketiga, Catche bisa menangkap bola langsung pada pukulan terakhir.
  4. Dan yang terakhir, pertukaran tempat terjadi jika tim yang memukul bola sudah dinyatakan mati sebanyak tiga kali.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *