SehatQ: 3 Kekurangan Konsultasi Dokter Online dan Tips Mengatasinya

Konsultasi dokter online sering menjadi pilihan saat kita tidak memiliki akses atau waktu lebih untuk bertemu langsung di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lain. Cara ini memang lebih praktis dan mudah, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Bahkan kini sudah banyak aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur untuk konsultasi online tak terbatas. Maksudnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli selama 24 jam.

Kekurangan Konsultasi Dokter Online

Meskipun dinilai lebih praktis dan mudah, namun ternyata konsultas online juga ada kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan yang mungkin akan Anda dapatkan jika konsultasi dengan dokter secara online.

1. Sulit mengakses layanan di kondisi tertentu

Konsultasi dengan dokter secara online biasanya dilakukan melalui platform telemedicine. Aplikasi ini hanya bisa diakses apabila ponsel yang Anda gunakan terkoneksi dengan internet. Apabila di suatu keadaan, ternyata tidak ada jaringan internet padahal Anda sedang membutuhkan layanan konsultasi online, tentu saja hal tersebut akan sangat menggangu. Sebab proses konsultasi online menjadi tidak lancar.

Terlebih lagi jika ternyata ponsel yang Anda miliki kurang sesuai untuk memasang aplikasi telemedicine. Hal ini membuat Anda sulit untuk memiliki aplikasi digital ini.

2. Hubungan dengan dokter kurang erat

Kekurangan lain dari konsultasi melalui chat dokter online yaitu hubungan dengan dokter menjadi kurang erat, berbeda dengan konsultasi secara langsung. Saat bertemu langsung untuk konsultasi pasien dan dokter akan memiliki komunikasi yang lebih erat. Lain halnya dengan konsultasi yang dilakukan secara virtual. Cara konsultasi ini terbatas oleh jarak. Terlebih jika saat konsultasi terdapat gangguan teknis, hal ini akan berpengaruh terhadap kelancaran konsultasi.

3. Tidak semua penyakit bisa diperiksa

Keterbatasan lainnya saat melakukan konsultasi dokter online yaitu tidak semua penyakit bisa diperiksa. Sebab saat konsultasi dengan online, umumnya dokter hanya akan bertanya gejala atau tanda yang Anda rasakan. Namun tidak bisa melakukan pemeriksaan secara langsung dengan alat dan tindakan medis yang lebih proper.

Sehingga telemedicine ini sifatnya hanya diagnosa awal. Saat konsultasi online ini, dokter akan memberikan penilaian terhadap gejala yang Anda rasakan. Apabila dirasa perlu mendapatkan pemeriksaan lanjutan, maka Anda akan diminta untuk datang ke rumah sakit atau fasilitas terdekat.

Tips Konsultasi Dokter Online

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun konsultasi dokter online masih banyak dilakukan. Agar konsultasi berjalan efektif dan efisien, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut tips konsultasi dengan dokter secara virtual.

1. Mencatat daftar gejala dan obat-obatan

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum konsultasi online yaitu pastikan sudah mencatat seluruh gejala yang Anda rasakan. Hal ini penting agar saat berkonsultasi, tidak lupa dengan apa yang akan disampaikan.

Selain gejala, Anda juga harus mencatat obat atau vitamin yang Anda konsumsi. Informasi ini sangat dibutuhkan dokter dalam memberikan diagnosis sebuah penyakit.

2. Menyiapkan daftar pertanyaan Konsultasi Dokter Online

Tips selanjutnya yaitu jangan lupa untuk menyiapkan daftar pertanyaan. Catat beberapa hal yang ingin Anda ketahui tentang kondisi Anda. Dan catat juga jawaban dari dokter atas pertanyaan tersebut.

3. Menunjukan laporan medis terbaru

Bagi Anda yang sudah pernah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, Anda juga perlu menunjukan laporan medis sata konsultasi dokter online. Dokter membutuhkan catatan ini agar bisa memberikan pelayanan dan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Hal ini diperlukan agar diagnosa dan resep obat yang diberikan tidak salah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *