Cara Merawat Musang

Cara Merawat Musang dan Menjinakkannya dengan Mudah

Bagaimana Cara Merawat Musang dan Menjinakkannya dengan Mudah ?. Hewan yang lagi tren untuk dipelihara adalah musang. Hewan ini memang lebih agresif ketika baru diambil dari habitatnya karena termasuk salah satu predator yang memakan segalanya. Jika Anda tertarik untuk merawatnya perlu beberapa cara yang tepat agar sifatnya menjadi lebih jinak dan pertumbuhannya dapat terjaga. Biasanya musang yang baru datang di rumah akan lebih agresif dengan menggigit Kandangnya untuk berusaha keluar. Jangan sampai Anda melakukan tindakan kekerasan jika sampai tergigit musang tersebut karena sudah sifat alaminya untuk menjaga dirinya sendiri. Berikut ini ada beberapa langkah mudah dalam menjinakkan musang tersebut dan Cara Merawat Musang yang benar.

Cara Menjinakkan Musang dengan Mudah

Menjinakkan musang berbeda dengan cara menjinakkan anjing atau kucing. Perlu pembiasaan lebih lama agar sifatnya menjadi berubah.Siapkan Kandang yang kuat agar ketika digigit oleh musang tidak akan rusak. Anda bisa membelinya di pet Shop atau pasar hewan terdekat Anda.

Untuk tahap awal lakukan mandi pada musang tersebut setiap hari selama satu Minggu penuh. Cara ini sangat efektif sekali untuk menjinakkan musang tersebut. Jika sudah tidak terlalu agresif bisa mengurangi intensitas untuk mandinya, Anda juga bisa menggunakan sikat dengan gagang yang panjang karena jika menggunakan tangan akan berbahaya jika terkena gigitannya.

Anda bisa memberikan makanan dari buah-buahan segar yang sudah dipotong agar bisa masuk ke dalam mulutnya dan setiap satu Minggu sekali bisa memberikannya potongan daging ayam. Untuk memberikan makanan ini perlu menggunakan tangan jika sudah tidak agresif untuk menambah kedekatan antara Anda dengan musang Anda.

Pada saat memberikan makanan tersebut wajib hukumnya untuk mengajak berbicara dengan menyebutkan namanya. Hal ini untuk menghindari musang menjadi takut terhadap suara dari manusia.

Lama kelamaan musang tersebut akan jinak dengan sendirinya, langkah selanjutnya hanya perlu merawatnya dengan cara yang benar.Jika musang Anda sudah agak akrab dan tidak agresif lagi bisa memberikan elusan pada tubuhnya agar mulai mengenal Anda lebih dekat.

Cara Merawat Musang: Perawatan Musang yang Benar

Musang memang memerlukan makanan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari dengan menu utama adalah buah segar. Pada musang pandan biasanya akan mengeluarkan wangi persis seperti pandan. Untuk merawatnya hanya perlu memandikannya selama 3 hari sekali.

Bersihkan Kandang musang tersebut secara rutin untuk menghindarkan tubuhnya dari kotoran yang menempel. Pada sudut Kandangnya perlu Anda berikan kain yang berfungsi sebagai penghangat saat malam hari.

Ketika di awal proses proses penjinakan sebaiknya jangan terlalu sering menggendongnya, Anda bisa bisa mencobanya secara bertahap dengan sesekali mengangkatnya sebentar kemudian meletakkannya kembali, dengan tujuan supaya musang sedikit demi sedikit mulai terbiasa dengan gendongan dari manusia.

Cara merawat musang selanjutnya jika sudah benar-benar jinak bisa mengajaknya berjalan-jalan ke taman untuk berinteraksi dengan orang lain. Cara ini juga berguna untuk memunculkan keberaniannya untuk bertemu orang banyak.

Sama halnya seperti peliharaan lain, Anda juga perlu memberikan kasih sayang yang tulus untuk merawatnya. Jika sudah mendapatkan musang yang patuh akan membuat hati pemiliknya pasti akan suka.

Terkadang musang akan tetap menggigit tetapi tidak sekeras sebelumnya karena cara berkomunikasi dari musang ini yang ingin mengajak Anda bermain atau sedang merasa lapar.

Itulah Cara Merawat Musang dengan mudah, Anda kini juga bisa menjinakkan musang yang baru didapat dari habitatnya atau ketika baru membelinya dari pasar hewan. Anda bisa membuat variasi makanan dari jenis buah yang berbeda karena setiap nutrisi dari buah tersebut akan mendukung perkembangannya menjadi lebih sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *